Honda Ruckus, coolest scoter ever

You can’t judge a Ruckus by its cover. That’s because it doesn’t have one!

Image

Seperti juga namanya, Honda Ruckus juga mempunyai penampilan yang aneh. Ruckus mempunyai body yang telanjang dan cenderung simple. Honda sengaja membuat seperti itu untuk mengurangi bobot karena motor ini hanya berkapasitas mesin 49cc. Jangan kuatir Ruckus gak kuat menggotong beban berat, meski mungil tapi kuat dan ulet seperti kebanyakan motor Honda lainnya.

Demi meringankan bobot motor sampe – sampe bagasi yang biasanya ada di kebanyakan matik pun ditiadakan. Sebagai pengganti ditaruh sebuah cantelan yang bisa dikunci untuk menaruh helm.

Motor ini tidak didesain untuk balapan atau jarak jauh. Dengan mesin kecil jangan berharap bisa  ngebut. Mesin yang kecil membuat kecepatan motor tergantung beban yang dibawa. Dengan berat normal (ukuran orang bule) Ruckus mampu melaju sampai 35 km/jam dalam waktu 12,5 detik. Dengan beban sedikit lebih ringan (ukuran orang indonesia kali ya…) Ruckus mampu digenjot sampai 40 km/jam dengan kondisi jalan datar. Bagaimana kalo nanjak ? Dipake nanjak kecepatannya langsung turun dratis menjadi dibawah 20 km/jam.

Makanya untuk piranti pengereman cukup pake teromol saja. Walaupun kapasitas tangkinya minimalis cuma 1,3 galon jangan kuatir kehabisan bensin di jalan karena saat diuji oleh motor-scooters-guide.com untuk 1 galonnya sanggup melaju sampai 100 mil.

Image

Motor ini disebut sebut sebagai motor matiknya para lelaki. Dengan body telanjang dan berpelek lebar matik ini sangat cocok buat dimodifikasi.

Image

Namun untuk masuk Indonesia dengan kondisi apa adanya, melihat perilaku konsumen di Indonesia rasa rasanya perlu kerja keras untuk bisa diterima pasar.

Kalau AHM mau membawa motor ini masuk kemari mesinnya paling tidak digantikan dengan mesin 110 cc sama seperti matik Honda lainnya. Kalo mesin diganti mestinya rem disk juga akan dibenamkan di Ruckus ini, paling tidak untuk rem depan. Buat AHM Ruckus ini masih segaris dengan strategi Honda yang tidak akan mengeluarkan model yang langsung head to head setara dengan Yamaha. Honda mencoba membatasi ruang gerak Yamaha sekaligus memaksa Yamaha mengikuti arus Honda dengan cara membuat model yang mempunyai ciri berbeda dengan Yamaha sekaligus bisa mempeluas pasar matik.

Image

Gue sebenarnya lebih senang kalo versi aslinya yang dilansir ke Indonesia. Dengan mesin 49 cc kalo di luar negeri tidak diperlukan SIM motor untuk mengendarainya. Ruckus cocok buat orang tua yang ingin membelikan motor anaknya yang masih dibawah umur untuk mendapat SIM. Apakah si anak mau menerima motor yang gak bisa diajak ngebut buat dipake ke sekolah? itu tergantung pendekatan orang tua ke anak.

Apakah Rackus versi AHM akan lahir ?, mari kita tunggu saja….

sumber : inilah.com, motor-scooters-guide.com

One thought on “Honda Ruckus, coolest scoter ever

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s