Casey Stoner atau Valentino Rossi, mana yang lebih hebat?

 Kebanyakan orang, apalagi apabila dia termasuk fans berat Rossi, tentu dengan mantap menjawab, Rossi lebih hebat. Namun beberapa statistik berikut ini menunjukkan hal yang berbeda. Berikut catatan tersebut:

Rossi dan Stoner pertama kali membalap bersama dalam satu lintasan pada tahun 2006. Dimana pada tahun itu, Rossi sudah mengoleksi lima gelar juara dunia dan Stoner masuk ke MotoGP sebagai rookie bersama LCR Honda. Tahun pertama kiprahnya di MotoGP lebih banyak diwarnai dengan seringnya Casey Stoner terjatuh saat balapan, hingga dia mendapat julukan “The Rolling Stoner”.
Namun karir Casey Stoner melesat bak meteror saat dia bergabung bersama Ducati pada tahun 2007. Semua orang tentu mengakui betapa superiornya dia waktu itu: memenangi 10 dari 18 balapan, dan meraih lima pole position sekaligus meraih gelar juara dunia pertama untuk pembalap Australia tersebut sekaligus gelar juara dunia untuk Ducati.
Tahun berikutnya, Rossi dan Stoner sama-sama mengunakan ban Bridgestone. Tentu kita sama-sama ingat salah satu balapan terbaik saat itu dimana  Rossi dan Stoner saling memepet di Corkscrew Laguna Seca, yang berakibat Stoner melebar dan jatuh ke gravel. Meski kemudian Stoner berhasil bangkit dan finish di posisi dua, sejak saat itu lah genderang persaingan diantara keduanya ditabuh.
Catatan berikut ini patut disimak. Bahwa dalam enam tahun mereka bertarung di MotoGP (sejak Stoner masuk MotoGP tahun 2006), Stoner ternyata melampaui catatan Rossi. Dalam periode tersebut, keduanya berhasil merengkuh gelar juara dunia sebanyak dua kali. Stoner di tahun 2007 dan 2011, sedangkan Rossi pada tahun 2008 dan 2009. Namun pada periode tersebut Stoner memenangi balapan sebanyak 38 kali, sedang Rossi hanya 26 kali. Stoner berhasil mendapatkan pole position sebanyak 39 kali, dan Rossi hanya 19 kali.
Tentu saja catatan di atas dibuat hanya merujuk pada periode saat Stoner dan Rossi bersama. Tentu tidak adil jika banyak hal diluar periode tersebut tidak dimasukkan dalam perbandingan. Tentu setiap orang memiliki alasan tersendiri untuk menjadikan seorang pembalap menjadi idolanya. Jadi, semuanya kembali pada anda masing-masing untuk menyimpulkan siapa yang paling hebat: Casey Stoner atau Valentino Rossi?

10 thoughts on “Casey Stoner atau Valentino Rossi, mana yang lebih hebat?

  1. menurut ane yg adil waktu balap Bersama… era 2001-2005 komparasinya ama Biagi n gibernu jelas Rossi lbih hebat,, jelas tidak adil kalau era ini dimasukkan. stoner vs Rossi statistik udah bicara.. ane fansboy motogp bkn fansboy pembalap bro… mungkin lbh obyektif,, yg saya tau Stoner lebih komplit. 1 dia tdk trlalu trgantung kpda mekanik trtentu kayak Rossi ke Burges. 2 Stoner vs Rossi ini yg jarang dibahas… Stoner mampu menaklukan Semua sirkuit yg ada sedangkan Rossi tdk mampu.. memang berat menerima kenyataan Bahwa Stoner lebih hebat dari Rossi tapi itulah faktanya… dan Rossipun mengakuinya jadi buat apa membantah.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s